Monday 28 May 2012

Logo dan Maskot Euro 2012 Slavek & Slavko


Logo dan Maskot Euro 2012  - 

Euro 2012 tahun ini digelar di dua negara, yaitu Polandia dan Ukraina. Euro atau Piala Eropa adalah pesta sepak bola terbesar se-Eropa yang dihelat tiap empat tahun sekali. Turnamen ini hanya kalah dari Piala Dunia dalam hal pamornya. Pertama kali digelar tahun 1960 dan terakhir (sebelum 2012) pada tahun 2008. Turnamen ini selain memperebutkan duit tentunya, yang paling utama adalah memperebutkan trofi Henry Delauney, trofi Eropa. Trofi yang dinamai dengan nama orang yang mencetuskan turnamen ini.

Logo dan Maskot Euro 2012 http://info-globalshare.blogspot.com/
Trofi Henry Delauney yang diperebutkan itu
Sebuah event besar akan berasa kurang jika tanpa sebuah logo serta maskot. Fungsinya jelas. Selain untuk mempromosikan event tersebut, juga untuk menyemarakkan suasana. Logo dan maskot itu biasanya merupakan representasi dari tuan rumah event itu. Seperti halnya di Sea Games 26 Jakarta-Palembang kemarin. Logo Sea Games ke-26 memuat unsur Garuda dan maskotnya berupa komodo. Hal-hal tersebut jelas-jelas menggambarkan negara Indonesia selaku tuan rumah Sea Games.
Sama halnya dengan logo dan maskot Euro 2012. Logo dan maskot-nya juga merupakan gambaran mengenai Polandia dan Ukraina, sang tuan rumah.

-Logo-
Logo Euro 2012 ini resmi diperkenalkan ke publik di Kyiv's Mykhailivska Square pada tanggal 14 Desember 2009 berbarengan dengan diluncurkannya slogan turnamen ini yang berbunyi:"Creating History Together"
Presiden Polish Football Association, Grzegorz Lato; Presiden Football Federation of Ukraine Grigoriy Surkis; dan Presiden UEFA Michel Platini bersama-sama, secara resmi meluncurkan logo ini dalam acara peluncuran yang dihadiri Presiden Ukraina, Viktor Yushchenko; dan Perdana Menteri Ukraina Yulia Tymoshenko tersebut.

Logo dan Maskot Euro 2012 kawulo-nyantrik.blogspot.comPeluncuran Logo di Kiev Mykhailivska Square


Visualisasi logo ini sendiri mengarah kepada Wycinanki, kerajinan tradisional menggunting kertas dari daerah pedesaan Polandia dan Ukraina. Di sana, kesenian ini merupakan simbolisasi keanekaragaman flora dan fauna lokal, sebagai penghargaan atau tribute kepada kekayaan alam sang tuan rumah yang mewakili keindahan dan kebesaran tanah air Polandia dan Ukraina serta sebagai bentuk kepedulian terhadap pertumbuhan terus menerus, kemakmuran, dan kesuburan.

Logo dan Maskot Euro 2012 http://info-gudangilmu.blogspot.com 
Logo Resmi Euro 2012


Pada logo tersebut, terdapat dua buah bunga yang tengah mengembang. Yang kiri berwarna merah-putih dan yang kanan berwarna biru-kuning bermakna bendera Polandia dan Ukraina, jelas melambangkan kedua negara tersebut yang merupakan host Euro 2012.
Bola yang ada di tengah berwarna keemasan diselingi putih melambangkan semangat, emosi, serta ambisi peserta untuk berkompetisi.
Sementara itu, batang berwarna hijau melambangkan aspek struktural dari kompetisi ini, yaitu UEFA.

Maskot Euro 2012
Maskot yang berupa bocah kembar ini masing-masing mewakili negara tuan rumah dan mengenakan seragam timnas Ukraina (kuning-biru) dan Polandia (putih-merah). Maskot ini diciptakan oleh perusahaan raksasa Warner BROS. Selanjutnya kedua maskot ini akan melakukan road show ke 8 kota di negara Polandia dan Ukraina, mulai dari kota Pozna, Lviv, Donetsk, Wroclaw, Kharkiv, Kyiv, Gdansk, dan berakhir di Warsawa.
Yang unik dari maskot Euro 2012 ini adalah bagaimana cara pemberian nama pada mereka. Dari pihak UEFA menginginkan masyarakat lah yang menentukan nama mereka. UEFA menyediakan tiga pasang nama, yaitu Slavek SlavkoSiemko &Strimko, serta Klemek & Ladko. Dari ketiga pasang nama, kita bebas menentukan pilihan, nama mana yang sekiranya cocok untuk kedua maskot tersebut. Voting ini tak hanya berlaku untuk warga Eropa saja, tapi berlaku untuk seluruh warga di dunia, yang memiliki akun di UEFA.com.

 Logo dan Maskot Euro 2012 http://info-gudangilmu.blogspot.com/
maskot euro 2012, bocah kembar dari polandia dan ukraina (blogs.loughboroughecho.net)
Voting berjalan mulai tanggal 16 November sampai dengan 3 Desember 2010 waktu setempat. Dan pengumuman nama mana yang paling banyak dipilih dilakukan tanggal 4 Desember waktu setempat. Setelah dua minggu voting dilakukan, akhirnya waktu yang ditunggu pun tiba juga. Ribuan orang memilih via UEFA.com dan langsung memilih ketika maskot tersebut melakukan road show atau memilih via geraiMcDonald’s di kota-kota yang disinggahi.

Logo dan Maskot Euro 2012 http://info-globalshare.blogspot.com/

slavek dan slavko setelah pengumuman voting (uefa.com)
Kemarin di kota Kiev, Ukraina diumumkan nama yang akan digunakan oleh dua maskot EURO2012. Dari 39.233 suara yang masuk, Slavek & Slavko mendapat 56% suara (saya juga memilih itu), sedangkan Siemko & Strimko 29%, dan Klemek & Ladko 15%. Bisa dipastikan Slavek & Slavko lah yang akan mengambil alih jubah yang sebelumnya dipakai oleh Trix & Flix, maskot kembar EURO 2008 dari Austria dan Swiss. Kemudian mereka akan mempromosikan Polandia dan Ukraina sebagai tuan rumah EURO 2012. 

Logo dan Maskot Euro 2012 kawulo-nyantrik.blogspot.com

Logo dan Maskot Euro 2012 kawulo-nyantrik.blogspot.com

Logo dan Maskot Euro 2012 http://info-globalshare.blogspot.com/

Logo dan Maskot Euro 2012 http://info-globalshare.blogspot.com/

Logo dan Maskot Euro 2012 kawulo-nyantrik.blogspot.com

Comments+ 1 comments:

avatar

wah maskot EURO, namanya pun di voting..

Keep respect for all
Be happy sob!