Sunday 28 December 2014

Fakta Mengenai Sinar Matahari Untuk Kesehatan Jantung

Jangan kaget jika sinar matahari dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Beberapa penelitian memberikan fakta bahwa sinar matahari tidak hanya dadap mencegah serangan jantung tetapi juga dapat mengobatinya. Jika pengobatan medis biasa sudah ditempuh mungkin dengan sinar matahari dapat dimasukkan menjadi alternatif dalam mengatasi serangan jantung.

Fakta yang telah banyak diketahui bahwa sinar matahari mampu mengaktifkan provitamin D yang tersimpan di bawah kulit menjadi vitamin D. Vitamin D mampu meningkatkan kesehatan tulang sekaligus membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan adanya vitamin D maka Kalsium akan mudah untuk diserap tubuh
sehingga dapat meanggulangi kekeroposan tulang (osteoporosis).

Fakta yang tidak banyak diketahui adalah bahwa sinar matahari pagi juga baik untuk kesehatan jantung.
Tingginya produksi vitamin D akibat bantuan sinar matahari ditemukan turut membantu otot jantung menyerap kalsium dengan lebih baik. Penyerapan kalsium yang optimal ternyata memberi kebaikan bagi seluruh otot termasuk otot jantung.
Sinar Matahari (img: vemale.com)

Penelitian yang dilakukan oleh Edinburgh University menunjukkan hasil bahwa sinar matahari membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi berbagai risiko penyakit, seperti serangan jantung dan stroke, seperti dikutip dari BBC.

Ketika tubuh kekurangan kalsium, secara otomatis tubuh akan mengambilnya dari tulang. Ini berarti otot jantung akan tetap berfungsi dengan baik, tetapi tulang yang menjadi korban. Studi Penelitian menunjukkan bahwa berjemur membantu meningkatkan penyerapan kalsium hingga 40 persen. Saat tubuh kekurangan vitamin D, penyerapan kalsium tubuh hanya berada pada level 10-15 persen. Waktu terbaik yang disarakan untuk berjemur adalah sebelum pukul 10 pagi dan sesudah pukul 16 di saat sinar matahari tidak terlalu menyengat di atas kepala. Untuk menghindari kulit terbakar sinar matahari, gunakan body lotion atau tabir surya yang mengandung SPF.

 referensi:  halemag.com

Comments+ 0 comments:

Keep respect for all
Be happy sob!